Entries

memanipulasi gambar seseorang menjadi botak




Monday, May 13, 2013

 

Download file PSD nya disini
 
Hasil saya yang lain

 
Tutorial Photoshop yang akan saya tunjukkan kali ini ialah memanipulasi gambar seseorang menjadi botak, sedikit kejam ya

ya apa mau dikate... lumayan la untuk ngisengi teman, guru atau dosen

Tutorial Photoshop ini sebenarnya hampir sama dengan manipulasi2 foto yang sudah saya posting sebelumnya yaitu menukar wajah dua orang (face swap) dan membuat Manusia Muka Rata 

Dalam tutorial ini saya sertakan sebuah video yang saya dapat dari yusuFdotCom (ukuran 21 mb) yang akan sangat membantu anda dalam mengerjakan tutorial kali ini
Ooo ya sebelum mengerjakan tutorial ini, seyokyanya (hasekk...) anda menyediakan gambar (bahan) sebagai bahan praktek anda yang bisa anda download dibawah ini.
Cukup klik kanan pada gambar lalu klik save image as...



silahkan di buffer video dibawah ini





berikut sedikit penjelasan saya berikan yang akan membantu anda dalam mengerjakan tutorial yang satu ini..
  1. Pertama buka file model ke aplikasi Photoshop lalu buka juga file foto botak, disini saya menggunakan botak1.jpg
  2. Lalu dengan menggunakan move tool drag gambar botak ke gambar model atau tekan CTRL + A (Select All) pada gambar si botak lalu tekan CTRL + C(copy) lalu pastekan (CTRL + V) di gambar model kita.
  3. Kurangi Opacity dari gambar si botak (agar kita dapat dengan mudah menyamakan ukuran dari kepala si botak dan si model)
  4. lalu dengan menggunakan bantuan Move Tool (V) dan Free Transform (CTRL + T) samakan ukuran serta posisi kepala kedua orang tersebut
  5. Jika ada rambut model yang tidak bisa tertutupi anda dapat menimpanya dengan menggunakan brush menggunakan warna yang sama dengan backgroundnya, gunakan color picker(i) untuk mengambil sampel warna yang tepat lalu dengan menggunakan brush model soft secara perlahan tutupi bagian rambut yang masih terlihat. Anda bisa melihat contohnya dari file PSD yang saya sertakan pada tutorial ini.
  6. Selanjutnya hapus bagian wajah si botak sehingga hanya kening dan kepala tak berambutnya saja yang terlihat. Kamu bisa menggunakan bantuan Layer mask agar mudah dalam melakukan tahap ini, tambahkan layer mask ke layer si botak, dengan menggunakan eraser tool hapus bagian-bagian yang tidak dibutuhkan tersebut

  7. seperti saya bilang tadi, jika ada bagian rambut yang tidak tertutupi kamu bisa menimpahkan dengan menggunakan brush (lihat di file PSD)
  8. terakhir manipulasi warnanya sehingga menyatu antara kulit kepala dan wajah, kamu bisa gunakan hue & saturation untuk memberikan warna dan brightness and contrast untuk kecerahan dan kekontrasan gambar

pada hasil akhi saya kasi efek cahaya karena si kepala botak bagian atas nya ada efek cahaya, nah agar masuk akal itu cahaya di kepalanya, makanya saya kasi sumber cahaya, ya semua itu tergantung kita bagaimana cara memanipulasinya

Sebelumnya saya mohon ampun karena tutorial kali ini tidak bisa saya tuliskan dengan sedetailnya, oleh karena itu saya sertakan video dan file PSD nya untuk membantu teman2 sekalian dalam mengerjakan tutorial ini.

Ok sampai disini dulu tutorial kali ini, see you :)



2 Komentar:

Berikan komentar, pertanyaan, kritik atau saran...

Edit Foto

edit foto
 

Behind the Web

Copyright © 2010 • IndoPhotoshop • All rights reserved